Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sistem Bisnis Syariah itu Apa Saja Keutamaannya? Simak Yuk!

Bisnis syariah adalah segala sesuatu bentuk transaksi yang berlandaskan hukum Islam. Bisnis syariah sendiri berasal dari 2 kata; "Bisnis" + "syariah". Bisnis berkaitan dengan jual beli (berdagang). Sedangkan syariah berarti penerapan hukum berdasarkan islam.

Sedangkan secara sebutan (istilah), maka syariah maksudnya perundang- undangan yang diturunkan oleh Allah SWT lewat Rasulullah Muhammad SAW buat segala umat manusia. Baik yang menyangkut permasalahan ibadah, akhlak, dan muamalah

Aktivitas bisnis syariah bukan cuma aktivitas jual beli yang targetnya memperoleh keuntungan. Tetapi bisnis ini lebih menuju kepada hukum Islam, yaitu mengikuti tuntunan kitab suci Al-Quran serta Hadist Nabi.

Jadi bisnis ini diatur oleh konsep halal haram. Bila halal, maka boleh dijalankan. Akan tetapi bila hukumnya haram, maka harus ditinggalkan. Sehingga konsep bisnis syariah bukan melulu soal mencari keuntungan, tetapi juga berusaha memperoleh keridhoan dari Allah.


Sistem Bisnis Syariah itu Apa Saja Keutamaannya Simak Yuk!

Jadi Bagaimana Sebenarnya Konsep Bisnis Syariah Itu? Apa Saja Keutamaannya? 

Yuk Kita Ulas Bareng!

Banyak orang yang menyangka kalau konsep bisnis syariah itu adalah sesuatu yang begitu rumit. Apalagi ditambah dengan bermacam sebutan dalam bahasa Arab yang susah dimengerti oleh orang awam.

Benarkah demikian?

Sebenarnya konsep bisnis syariah tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan menguasai konsep bisnis syariah yang benar, pasti Anda akan merasakan bahwa justru bisnis syariah itu lebih mudah untuk dijalani.

Konsep Bisnis Syariah itu Mengacu pada Syariat Islam

Apa yang terpikirkan oleh Anda pada saat mendengar kosa kata "bisnis syariah?"

Banyak orang yang salah kaprah dalam menilai sistem perekonomian berbasis syariah. Mayoritas orang menyangka kalau perekonomian dengan basis sistem syariah merupakan perbankan syariah.

Sebenarnya tidak selalu begitu.

Iya memang benar, perbankan syariah mempraktikkan perekonomian syariah dalam sistemnya, tetapi jika ada yang mengatakan "perekonomian syariah SAMA DENGAN perbankan syariah", maka itu agak kurang tepat.

Apa sebab?

Karena perbankan syariah itu hanya salah satu bagian dari sistem perekonomian syariah. Sedangkan perekonomian syariah itu sendiri masih mencakup bagian yang jauh lebih luas lagi. Jadi bisnis syariah itu tidak hanya dalam bidang perbankan syariah saja.

Misalnya jika Anda ingin membuka suatu bisnis, maka Anda dapat menerapkan konsep dan sistem bisnis syariah pada bisnis Anda tersebut.

Begitu pula dengan semua orang yang punya bisnis, mereka juga bisa menerapkan sistem berbasis syariah pada bisnisnya. Nah, konsep bisnis berbasis syariah seperti ini termasuk salah satu bagian dari sistem perekonomian syariah.

Jadi intinya, semua orang yang beragama Islam dapat menerapkan sistem berdasarkan syariat pada bisnis yang dimilikinya.

Seiring dengan dengan semakin meningkatnya pemahaman umat Islam tentang sistem bisnis syariah, tentu juga akan semakin banyak pengusaha muslim yang ingin mengetahui bagaimana hakikat dari sistem ekonomi Islam yang terbaik itu.

Sesungguhnya usaha yang terbaik itu berasal dari segala sesuatu yang halal, dan keuntungan yang didapat juga dengan cara yang halal. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan dunia, dan juga memperoleh keselamatan di akhirat.

Berikut ini Beberapa Contoh Ide Bisnis Syariah Dengan Modal Kecil,

yaitu :

1. Kosmetik Halal

Saat ini produk kosmetik makin banyak digemari oleh kaum perempuan. Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah muslim terbanyak. Sehingga banyak kaum hawa di Indonesia yang ingin mencari kosmetik halal.

Nah, bila Anda membuka usaha kosmetik ini, maka Anda berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar.

Apa sebab?

Karena kenyataannya banyak produk kosmetik import yang belum teruji tentang hukum halal haramnya. Terlebih pada produk kosmetik yang masuk ke Indonesia secara ilegal.

Diantara kosmetik ilegal itu ada yang terbuat dari bahan berbahaya. Dan sebagiannya lagi ada yang terbuat dari bahan baku yang haram.

Disisi lain, pada saat ini semakin banyak kesadaran dari wanita muslimah Indonesia yang mulai memperhatikan tentang produk kecantikan yang mereka pakai. Mereka kini sudah sangat selektif, karena persoalan halal haram itu ada persoalan penting bagi seorang muslim.

Oleh karena itu, jika Anda membuka usaha kosmetik halal yang berbasis syariah, maka ini adalah peluang usaha yang sangat bagus dan punya potensi untuk maju.

2. Tour & Travel Islami

Indonesia merupakan salah satu negeri dengan perkembangan pariwisata yang lumayan pesat. Indonesia juga memiliki tempat pariwisatanya sangat banyak. Pastinya akan banyak sekali turis dari luar maupun dalam negri yang mau berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Nah, ini juga merupakan salah satu peluang bisnis yang sayang untuk Anda lewatkan.

Anda dapat membuka agen tour & travel syariah. Faktanya tour & travel syariah ini punya segmen pasar tersendiri.

Anda bisa mengincar target pelanggan jasa Anda dari kalangan ibu-ibu pengajian. Biasanya dalam sekali setahun ibu pengajian itu mengadakan acara tour dan jalan ke beberapa daerah wisata di Indonesia (untuk refreshing).

Seperti yang kita tahu saat ini dunia kajian dan dakwah sangat marak di Indonesia. Dan diantara jamaah kajian itu juga banyak dari kalangan ibu-ibu yang tentunya suka refreshing. 😊

3. Metode Pengobatan ala Nabi

Anda juga bisa membuka metode pengobatan ala nabi. Misalnya dengan menjual madu, kurma, ataupun suplemen santapan (herbal) yang isinya terbuat dari bahan yang disunahkan oleh nabi Muhammad Saw.

Anda juga dapat membuka jasa bekam. Yaitu cara pengobatan islami yang tujuannya untuk membuang darah- darah kotor.

4. Bisnis Busana Islami

Usaha busana bernuansa islami telah sejak lama identik dengan usaha jilbab dan mode busana muslim yang lain. Anggapan ini ada benarnya. Karena usaha islami yang pertama kali tumbuh pesat di Indonesia adalah jenis jilbab (busana muslim).

Bisnis busana islami ini masih sangat menjanjikan. Salah satu faktor penyebabnya karena populasi umat muslim secara global semakin terus meningkat. Sehingga busana islami memiliki segmen pasar yang menjanjikan, baik didalam dan diluar negeri

5. Bisnis Properti Syariah

Sudah jadi hal yang umum ketika seseorang mau membeli properti (rumah), maka pasti dia akan mengajukan pinjaman ke bank. Dan bisa dipastikan pinjaman itu pasti akan diiringi dengan bunga.

Tidak hanya itu, umumnya bisnis properti memakai 2 akad, yakni akad sewa serta akad jual beli.

Jika orang itu tidak mampu membayar cicilannya, maka dia bisa terkena denda, bahkan asetnya bisa disita. Tentu saja sistem seperti ini tidak adil, karena hanya merugikan salah satu pihak.

Kondisi diatas sangat berbeda dengan sistem properti syariah. Dalam melaksanakan bisnis properti syariah, sistem riba ala bank konvensional sangat diminimalisasi hingga sekecil mungkin. Sehingga tidak terdapat sistem bunga bank dalam proses pembayarannya.

Tidak hanya itu, akad dalam bisnis properti cuma memakai satu akad, yakni akad jual beli. Sebab itu, apabila konsumen terlambat membayar cicilan, maka dia tidak terkena denda. Selain itu, aset properti yang sudah dibelinya tidak sampai harus disita.

Umumnya, dalam bisnis properti syariah, apabila konsumen tidak sanggup meneruskan pembayaran, maka pihak konsumen dan pengembang akan berusaha bersama-sama untuk mencari solusinya.

Salah satunya dengan cara menyuruh pihak konsumen agar berusaha menjual propertinya kepada orang lain. Kemudian uang hasil jual beli itu dibayarkan untuk melunasi tunggakan pembayaran propertinya tersebut.

Atau bisa juga dengan cara melimpahkan proses pembayaran cicilan properti tersebut kepada orang lain. Jadi pihak pemilik properti pertama tetap bisa mendapatkan uang pembayaran yang telah sempat berjalan.

Nah sekarang bagaimana menurut Anda tentang sistem bisnis syariah? Prosesnya lebih mudah dan lebih adil bukan? 😉

Itulah indahnya sistem ekonomi dan transaksi didalam Islam. Semoga sistem syariah seperti diatas dapat tumbuh subur di Indonesia. Aammiin.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Sistem Bisnis Syariah itu Apa Saja Keutamaannya? Simak Yuk! "