Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Daftar Surat Alquran Pembuka Pintu Rezeki (Lengkap)

Di dalam Alquran itu banyak sekali surat-surat berisi ayat yang sangat berguna bagi manusia. Diantaranya ada ayat yang berisi perlindungan dari godaan syetan, ayat untuk memohon keselamatan di dunia dan akhirat, ayat untuk meminta keturunan dan dikaruniai anak yang soleh, dan masih banyak lagi ayat dan surat lainnya. Intinya semua surat dan ayat didalam alquran itu diturunkan demi kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat.

Salah satu khasiat dari beberapa surat dan ayat alquran adalah sebagai wasilah (sarana berdoa) agar diberikan kemudahan pintu rezeki oleh Allah Ta'ala.

Nah, sudah tahukah Anda apa saja daftar surat alquran pembuka pintu rezeki itu?


Daftar Surat Alquran Pembuka Pintu Rezeki


Jika belum tahu, yuk simak isi artikel ini sampai tuntas.

Sebagai manusia, tentu saja kita selalu berharap mendapatkan banyak rezeki dari Allah . Jenis rezeki itu banyak sekali, bisa berupa uang (materi) maupun non - materi (anak, kesehatan, dll). Rezeki materi bisa berupa uang yang banyak, pendapatan yang besar, sampai jabatan yang mentereng.

Sedangkan rezeki non - materi contohnya seperti dikaruniai anak, kesehatan, keselamatan, serta kebahagiaan.

Namun ingatlah; hendaknya kita lebih mengutamakan keberkahan atas tiap rezeki yang kita terima. Artinya kita berharap agar rezeki tersebut dapat berguna di dunia, dan dapat bermanfaat pula untuk akhirat kita . Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memperhatikan cara yang baik dalam mencari rezeki. Hendaknya kita mencari rezeki yang halal dan caranya sesuai dengan tuntunan agama, baik dalam bekerja ataupun ketika berdoa.

Tapi terkadang, ada sebagian orang yang selalu mengeluh. Dia merasa hidupnya senantiasa dilanda kesusahan. Telah bermacam usaha yang dirintis, namun terus berakhir dengan kegagalan.

Hutang telah menumpuk, hidup makin susah, rumah tangga selalu bertengkar. Hatinya mulai bertanya-tanya: "kenapa hidup saya selalu susah? Tidak adakah jalan keluar? Kenapa doa saya seolah tidak ada jawaban? kenapa Allah seolah tidak hiraukan saya?" Dan berbagai macam pertanyaan dan keluhan lainnya.

Ada sebagian dari orang yang tidak tabah akhirnya mengambil jalan pintas, dengan cara melakukan praktik pesugihan, meminta ke dukun serta paranormal. Bahkan ada sebagian lainnya yang nekat sampai mencuri, merampok, menipu, dsb.

Dalam Surah Baqarah ayat 153 Allah telah menegaskan bahwa; atasilah seluruh kesusahan itu dengan memohon pertolongan pada Allah. Di dalam Baqarah ayat 186 Allah juga menegaskan: 

186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Al Baqarah 186)

Seluruh permasalahan serta kesusahan yang dirasakan tentu dapat diatasi bersama Allah.

Dia tentu membantu orang yang bersungguh-sungguh ketika berdoa serta meminta padaNya.
Allah amat dekat pada hambaNya yang percaya serta senantiasa memohon pertolonganNya.

Demikianlah. Orang yang tidak memperdulikan Allah, maka Allahpun tidak akan memperdulikannya. Sebaliknya orang yang senantiasa ingat serta khusyuk berdoa padaNya, maka Allah pasti akan mencukupkan seluruh hajat kebutuhannya.

Bila hidup senantiasa dirudung kemalangan serta bermacam kesusahan , maka cobalah periksa diri kita. Bisa jadi penyebabnya karena kita kurang mendekatkan diri kepada Allah . Atau mungkin karena hati kita yang keras, sehingga bersikap enggan serta sombong (tidak mau berdoa padaNya).

Oleh karena itu, mari lembutkan hati kita dengan mencermati sebagian ayat Alquran dan mentadabburinya. Berikut ada beberapa ayat dalam surat tertentu di dalam Alquran yang berisi peringatan akan berbagai nikmat yang tidak terhitung dari Allah. Jika kita mau meresapi makna dari isi ayat ini, maka Allah melimpahkan karunia dan rezeki kepada kita.


Info Menarik Lainnya : Ternyata Empat Amalan Murah Rezeki Ini Bisa Bikin Usaha Jadi Lancar dan Sukses (Atas izin Allah)
Berikut beberapa ayatnya dibawah ini.

Surah FATHIR AYAT 2 - 3

مَا يَفْتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۚوَمَا يُمْسِكْۙ فَلَا مُرْسِلَ لَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Maayaftaḥillāhu lin-nāsi mir raḥmatin fa lā mumsika lahā, wa mā yumsik fa lā mursila lahụ mim ba'dih, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوْا
 نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْۗ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللّٰهِ يَرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۖ فَاَنّٰى تُؤْفَكُوْنَ

Yaa ayuhan-nāsużkurụ ni'matallāhi 'alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn

Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Didalam ayat ini Allah menerangkan, yaitu apa saja rahmat yang telah dibukakan untuk seseorang, maka tidak ada kekuatan yang dapat mencegahnya . Demikian pula apa saja yang ditahan oleh Allah dari seorang hamba, maka tidak seseorangpun yang dapat memberikannya (kecuali atas izin Allah).

Tanamkanlah kepercayaan diatas itu didalam diri kita masing masing. Bahwa apa saja rahmat yang dibukakan Allah untuk kita, tidak terdapat satu kekuatanpun yang dapat mencegahnya. Jika keyakinan ini telah terpatri dalam diri, maka insya Allah hidup kita akan tenang.

Kita pun jadi lebih yakin dan percaya bahwa Allah adalah pengabul segala doa. Oleh karena itu, mohonlah pada Allah supaya dia membukakan pintu rahmat untuk kita dari langit serta bumi.

Mohon pada Allah supaya Dia membukakan pintu rahmat untuk kita dari seluruh penjuru yang dikehendakiNya. Mohon pada Allah supaya Ia tidak menutup pintu rahmatnya untuk kita . Sebab bila Ia menutup pintu RahmatNya , tidak ada seorang pun yang mampu membukakan, kecuali hanya diriNya sendiri.

Dalam ayat ini Allah telah menegaskan pula, agar supaya kita mengenang serta selalu ingat akan bermacam nikmat yang sudah diberikanNya pada kita. Pastikan di dalam hati bahwa tidak seorang pun yang mampu memberi kita rezeki, kecuali hanya Allah. Jadi tidak sepantasnya kita berpaling dariNya. Tuhan seru sekalian alam, yang Maha Tahu perbendaharaan kekayaan dilangit serta bumi.

Mohon pada Allah supaya kita diberi kekuatan agar mampu selalu bersyukur dengan bermacam nikmat yang sudah diberikanNya pada kita.

Renungi teks ayat sebelumnya diatas itu, dan cobalah mentadabburinya.

Hayati baik-baik isi Surah fathir itu beserta tadabburnya itu secara berulang. Dan baca tadabburnya secara puitis seperti dibawah ini:

“Ya Allah sudah kau ingatkan pada kami dalam AlquranMu yang agung , kalau apa saja rahmat yang Kau bukakan untuk manusia , tidak terdapat seorangpun yang bisa mencegahnya ,serta apa saja yang Kau tahan dari manusia hingga tidak terdapat seorangpun yang dapat memberikannya, kecuali hanya Engkau. Sungguh Engkau maha Perkasa serta Maha bijaksana.

"Engkau ingatkan pula kepada kami, supaya kami senantiasa ingat dengan bermacam nikmat yang sudah Engkau bagikan kepada kami . Apakah ada pencipta selain Engkau yang bisa berikan kami rezeki dari langit serta Bumi ? Ya Allah tidak terdapat Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya Engkau, tidak sepatutnya kami berpaling dariMu". 

"Ya Allah, apa saja rahmat yang Engkau bukakan untuk kami, tidak terdapat seorangpun yang bisa mencegahnya . Bukakan untuk kami pintu rahmat dari langit serta bumiMu , bukakan untuk kami pintu rahmat dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi . Bukakan untuk kami pintu rezeki dari langit serta bumiMu , bukakan untuk kami pintu rezeki dari seluruh penjuru yang Kau kehendaki".

"Jangan kau tahan rahmatMu dari kami ya Allah ,bila Engkau tahan rahmatMu dari kami , tidak akan ada yang mampu membukakannya, kecuali hanya Engkau ya Allah . Ampuni kami ya Allah , jangan Kau tutup pintu rahmat dari kami, perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah".

"Ya Allah tolong kami agar mampu senantiasa ingat dengan bermacam nikmat yang sudah Engkau limpahkan pada kami. Tolong kami buat mensyukuri seluruh nikmat yang sudah engkau bagikan pada kami. Ya Allah, tidak terdapat Tuhan yang bisa berikan kami rezeki dari langit serta bumi, kecuali hanya Engkau. Engkaulah Tuhan kami, cuma engkaulah yang kami sembah".

"Ya Allah, jangan kau palingkan hati kami dari mengingat serta menyembahMu. Teguhkan iman serta kepercayaan kami padaMu, perkenankalah permohonan kami ini ya Allah”.

Dengan membaca tadabbur ayat ini insya Allah berkehendak membukakan pintu rahmat serta rezekiNya dari langit serta bumi untuk kita,sehingga kita terbebas dari bermacam kesusahan serta tekanan hidup yang berkelanjutan.


Info Menarik Lainnya : Doa Pembuka Pintu Rezeki (Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Surah AN NUR AYAT 55


وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Dalam ayat ini Allah menegaskan, bahwa Dia sudah berjanji kepada orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh, yakni Dia hendak menjadikan mereka berkuasa dibumi ini, sebagaimana

Dia sudah menjadikan orang orang terdahulu berkuasa . Serta Ia hendak meneguhkan agama yang diridhoi untuk mereka, dan mengubah ketakutan serta kecemasan mereka dengan rasa nyaman, aman, serta tentram dari sisiNya. Dengan ketentuan mereka tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun. Bagi siapa saja yang kufur setelah janji itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Dengarkan ayat di atas itu berikut tadabburnya dengan seksama, usahakan resapi artinya.

Yakinkan pada diri kita bahwa Allah mustahil mengingkari janjiNya.

Dengarkan ayat itu berikut tadabburnya berulangkali, kemudian hafalkan ayat itu dengan tadabburnya.

Seperti berikut ini :

“ Ya Allah sudah kau sampaikan kepada kami dalam Qur’anMu yang agung, kalau Engkau sudah berjanji kepada orang yang beriman serta mengerjakan amal soleh diantara kami, maka engkau hendak menjadikan kami berkuasa dibumi ini, sebagaimana Engkau sudah menjadikan orang sebelum kami berkuasa . Serta engkau hendak meneguhkan agama yang Engkau ridhoi untuk kami. 

"Engkau benar benar hendak mengubah kondisi kami, setelah dalam kondisi ketakutan menjadi nyaman sentosa. Supaya kami senantiasa menyembahMu, serta tidak mempersekutukan Engkau dengan sesuatu apapun. Siapa yang kafir setelah itu, maka mereka itu orang yang fasik". 

"Ya Allah teguhkan iman serta kepercayaan kami padaMu, tetapkan hati kami buat mengerjakan amal soleh yang Engkau ridhoi. Peruntukan kami berkuasa dibumi ini sebagaimana Engkau sudah menjadikan orang saat sebelum kami berkuasa.Jangan Kau jadikan kami bagaikan umat yang lemah, umat yang tertindas serta terhina".

"Jadikan kami bagaikan umat yang tangguh serta kokoh. Kuatkankan peran kami dibumi ini sebagaimana yang Kau janjikan dalam Qur ’an Mu yang agung ya Allah".

"Teguhkan untuk kami agama yang engkau ridhoi dari sisiMu , ubah ketakutan kami , kecemasan kami , kekuatiran kami dengan rasa nyaman aman serta tentram dari sisiMu . Hilangkan kegundahan serta kegelisahan dari hati kami , teguhkan iman serta kepercayaan kami padaMu".

"Ya Allah tetapkan hati kami buat senantiasa menyembahMu serta tidak mempersekutukan Engkau dengan suatu apapun . Jangan kau palingkan hati kami dari menyembahMu, jangan Kau peruntukan kami mengambil Tuhan Tuhan yang lain sebagi sembahan selain Engkau. Jangan kau masukan kami kedalam kalangan orang yang fasik".

Dengan membaca doa tadabbur seperti diatas insya Allah Dia berkehendak membagikan peran yang baik untuk kita didunia ini. Bisa berbentuk jabatan,usaha bisnis yang maju, kekuasaan serta kewenangan, menghindarkan kita dari hidup yang papa, melarat, terhina, serta terpinggirkan.

Hingga meneguhkan iman serta kepercayaan kita kepada Allah, bebas dari perbuatan musyrik dan
mempersekutukanNya dengan suatu apapun.


Info Menarik Lainnya : Dzikir Pagi Dan Doa Pembuka Rezeki Sepanjang Hari (Mujarab atas izin Allah)

Amalan Ayat Seribu Dinar Pembuka Pintu Rezeki.

Telah taukah Anda dengan amalan pembuka pintu rezeki ayat seribu dinar ? Bila belum tahu, ayo kita bahas bersama-sama. 


Apa itu ayat seribu dinar? 

Berikut bunyi ayatnya :


وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (Surat Ar-Thalaq, ayat 2-3)

Pada ayat di atas terdapat janji dari Allah, yaitu siapa saja yang bertaqwa dengan meninggalkan larangan, serta melakukan perintahNya, sehingga Allah berkehendak memberikan jalan keluar dari persoalan yang dia hadapi. Dan memberikannya rizki dari jalur yang tidak disangka - sangka.

Dalam ayat di atas itu disebutkan pula janji Allah kepada orang yang bertawakal , yakni Allah-lah yang hendak memberinya kecukupan. Juga Allah memberitakan kepada kita, bahwa Allah pasti mampu melakukan apa yang sudah dia tetapkan.

Semua ayat diatas dapat dijadikan wasilah, yaitu kala kita berdoa memohon dimudahkan pintu rezeki kepada Allah . Tentu saja doa yang kita panjatkan itu harus di iringi dengan usaha yang optimal.

Karena mustahil emas bisa turun dari langit melalui doa kita tersebut . Sunatullah itu pasti berlaku, yaitu barang siapa yang giat berupaya, maka dia akan memperoleh hasilnya. Sedangkan doa selalu yang dipanjatkan itu merupakan penyempurna dari usaha tersebut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam .

Post a Comment for "Daftar Surat Alquran Pembuka Pintu Rezeki (Lengkap)"